Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Solusi Kenapa Shopeepay Tidak Bisa Digunakan Terbaru

Penyebab dan Solusi Kenapa Shopeepay Tidak Bisa Digunakan Terbaru

Untuk mempermudah para penggunannya, shopee menyediakan sebuah dompet digital yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi yang bernama shopeepay.

Gak cuman di aplikasi shopee aja, shopeepay juga bisa digunakan diberbagai platform lain, mau itu secara online maupun offline.

Namun, beberapa pengguna terkadang mengeluhkan tentang shopeepay yang tidak bisa digunakan karena beberapa hal.

Nah, untuk mengetahui permasalahan dan solusi shopeepay yang tidak bisa digunakan tersebut, maka bisa simak pembahasan berikut ini.

Apa Itu Shopeepay ?

Shopeepay merupakan layanan yang disediakan oleh shopee sebagai dompet digital yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi, mau itu transaksi di aplikasi shopee atau transaksi di luar aplikasi shopee, baik secara online dan offline.

Alasan Kenapa Shopeepay Tidak Bisa Digunakan

Masalah yang terjadi pada shopeepay, bisa saja disebabkan oleh beberapa hal, mau itu terjadi karena kesalahan pengguna atau sistem shopeepay yang sedang bermasalah.

Seperti yang kami lansir dari halaman resmi bantuan shopee, berikut ini beberapa masalah umum yang terjadi dan menyebabkan shopeepay tidak bisa digunakan.

  1. Shopeepay dinonaktifkan sementara karena salah memasukkan PIN. Dalam menggunakan shopeepay, terutama saat melakukan transaksi, maka pengguna wajib memasukkan PIN shopeepay tersebut. Nah, karena kesalahan pengguna dalam memasukkan  PIN sebanyak 10x percobaan dalam 5 menit, akan membuat shopeepay tidak bisa digunakan dalam waktu 30 menit kedepan.
  2. Shopeepay dinonaktifkan permanen karena salah memasukkan PIN. Sementara itu, jika pengguna salah memasukkan PIN sebanyak 11 kali percobaan dalam waktu 24 jam, maka shopeepay tersebut tidak bisa digunakan kembali atau dinonaktifkan secara permanen.
  3. Pengguna melakukan penonaktifan akun. Akun shopeepay yang dinonaktifkan secara sengaja atau sadar sebelumnya oleh pengguna mengaktifkan pengguna tidak bisa mengakses akun shopeepay tersebut. Menonaktifkan secara sadar dan sengaja akun shopeepay tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya saja hp yang di curi atau hilang.
  4. Akun dibatasi karena aktivitas yang mencurigakan. Secara otomatis, sistem dari shopee akan menonaktifkan akun shopeepay jika ada aktivitas yang mencurigakan di akun tersebut, misalnya saja ada aktifitas login di perangkat lain dan yang lainnya.
  5. Aplikasi shopee / shopeepay sedang bermasalah. Dalam beberapa kesempatan, pihak shopee sesekali akan melakukan perbaikan atau maintenance terhadap aplikasi mereka. Hal ini guna untuk memperbaiki kesalah - kesalahan kecil yang terjadi di aplikasi tersebut.  Nah, bisa saja Anda sedang menggunakan shopeepay saat sedang masa perbaikan aplikasi shopee tersebut.
  6. Jaringan internet yang tidak stabil atau terputus. Penggunaan shopeepay tentunya harus didukung dengan penggunaan internet yang stabil. Jika terjadi masalah pada internet Anda, maka akan mengakibatkan Anda kesulitan dalam menggunakan shopeepay untuk transaksi walaupun saldo shopeepay masih ada.
  7. Pembayaran tidak mendukung shopeepay. Mau itu dari aplikasi shopee atau pihak ke-3, biasanya ada beberapa produk yang tidak bisa menggunakan shopeepay sebagai metode pembayaran.

Cara Mengatasi Shopeepay Tidak Bisa Digunakan

Dari beberapa permasalahan yang sudah dijabarkan diatas tentang shopeepay yang tidak bisa digunakan, sebetulnya Anda sudah bisa menyimpulkan, kira - kira solusi apa saja yang bisa dilakukan.

Namun, untuk membantu permasalahan shopeepay yang tidak bisa digunakan tersebut, berikut ini kami rangkum beberapa cara mengatasi shopeepay yang tidak bisa digunakan.

1. Masukkan PIN Dengan Benar.

Saat melakukan pembayaran atau menggunakan shopeepay untuk transaksi, pastikan bahwa Anda memasukkan PIN shopeepay dengan benar. Jika lupa maka, Anda bisa mengatur ulang kembali PIN shopeepay tersebut.

Untuk mengatur ulang PIN shopeepay, caranya masuk ke aplikasi shopee, tekan menu saya di kanan bawah > pilih shopeepay > tekan icon gerigi di kanan atas > tekan menu Ubah PIN ShopeePay > masukkan kode verifikasi yang dikirim ke sms / wa dan masukkan PIN shopeepay yang baru.

2. Pastikan Total Pembayaran Sesuai Dengan Saldo Shopeepay.

Untuk dapat menggunakan saldo shopeepay dalam membayar pesanan atau belanja, maka pastikan bahwa saldo shopeepay tersebut sesuai dengan total pembayaran Anda.

Gak cuman total belanja saja, Anda juga harus menghitung total ongkos kirim yang dikenakan, lalu sesuaikan dengan saldo shopeepay Anda apakah mencukupi.

3. Voucher Tidak Mendukung Pembayaran Shopeepay.

Shopee sering sekali memberikan promo atau voucher kepada para pengguna untuk mendapatkan potongan harga atau gratis ongkir.

Hanya saja, yang perlu Anda ketahui, tidak semua voucher yang diberikan shopee mendukung metode pembayaran shopeepay, melainkan harus menggunakan metode pembayaran yang lain.

Maka dari itu, pastikan bahwa voucher yang Anda gunakan mendukung shopeepay sebagai metode pembayaran, untuk lebih jelasnya silahkan baca s & k atau syarat dan ketentuan dari voucher atau promo tersebut.

4. Sistem Shopee Sedang Bermasalah / Maintenance.

Salah satu yang menyebabkan shopeepay tidak bisa digunakan pada saldo masih ada yaitu karena sistem dari shopee sedang bermasalah.

Dalam hal ini bisa saja, shopee sedang melakukan maintenance atau perbaikan. Jadi, solusinya adalah menunggu hingga perbaikan tersebut selesai dilakukan.

Biasanya proses seperti ini tidak memakan waktu yang lama, untuk update mungkin Anda bisa melihat melalui social media shopee atau shopeepay.

5. Pastikan Koneksi Internet Stabil.

Untuk menggunakan aplikasi shopee, tentunya Anda membutuhkan koneksi internet. Namun, gak cuman koneksi internet saja, Anda juga harus memastikan bahwa koneksi internet tersebut stabil atau tidak lag.

Jika terjadi lag, biasanya proses pembayaran atau transaksi menggunakan shopeepay akan mengalami kegagalan walaupun saldo ada. Lebih disarankan untuk menggunakan koneksi internet yang stabil, seperti wifi.

6. Gunakan Metode Pembayaran Lain.

Shopeepay tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di aplikasi shopee saja, melainkan bisa digunakan untuk membayar di semua partner yang terhubung dengan shopee atau shopeepay.

Namun, terkadang beberapa partner atau mitra dari shopee juga tidak mendukung pembayaran shopeepay untuk beberapa produk mereka, jadi opsi terbaiknya adalah memilih metode pembayaran lain.

Hal ini juga berlaku jika Anda menggunakan voucher di shopee, lalu ternyata voucher tersebut tidak bisa digunakan dalam metode pembayaran shopee, ya solusinya gunakanlah jenis metode pembayaran lain, seperti transfer bank, dll.

7. Hubungi Customer Service Shopee.

Cara terbaik untuk mengetahui permasalahan shopeepay tidak bisa digunakan adalah dengan menanyakan langsung ke pihak shopee atau menghubungi customer service shopee.

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk menghubungi customer service shopee untuk menanyakan perihal shopeepay tidak bisa digunakan, antara lain :

  • Melalui fitur chat dengan shopee. Caranya, buka aplikasi shopee, tekan menu saya di kanan bawah, tekan menu chat dengan shopee, lalu sampaikan keluhan Anda.
  • Melalui halaman formulir bantuan shopee.
  • Melalui telepon di 08001500702.

Demikianlah pembahasan tentang shopeepay yang tidak bisa digunakan. Dari beberapa permasalahan dan solusi yang dibahas di atas, semoga bisa membantu teman - teman untuk menggunakan shopeepay kembali. Saran kami, jika pembahasan diatas sudah dicoba, namun masih tetap tidak bisa menggunakan shopeepay, maka bisa menghubungi pihak shopee, seperti solusi ke-7 yang kami bahas diatas.

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Solusi Kenapa Shopeepay Tidak Bisa Digunakan Terbaru"

© RECEH.INFO