Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Akun Dana Kamu Tidak Aktif Terlalu Lama

Akun Dana Kamu Tidak Aktif Terlalu Lama

Beberapa pengguna aplikasi DANA, terutama untuk pengguna baru sering mengeluh karena mengalami masalah “akun dana kamu tidak aktif terlalu lama” saat hendak login ke aplikasi DANA tersebut.

Sampai saat ini, sebetulnya masalah tersebut bisa terjadi karena beberapa hal, namun yang paling umum adalah masalah dari sisi server atau sistem aplikasi DANA yang sedang mengalami perbaikan.

Nah, untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini kita akan bahas kira - kira apa yang menyebabkan pengguna susah login ke aplikasi DANA, seperti permasalahan diatas dan juga kita akan bahas bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Akun Dana Kamu Tidak Aktif Terlalu Lama

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan Anda kesulitan dalam login dana dan mengalami permasalahan ini, antara lain :

1. Koneksi Internet Bermasalah

Untuk bisa menggunakan aplikasi DANA, tentunya pengguna harus terhubung ke internet. Hanya saja, koneksi internet yang kurang stabil atau sering terputus, akan membuat Anda gagal login ke aplikasi DANA.

Sistem dari aplikasi DANA akan susah mendeteksi aktifitas login yang Anda lakukan karena koneksi internet yang lambat akan membuat sistem DANA susah memproses aktifitas login tersebut.

2. Sistem atau server DANA Bermasalah

Untuk tetap memastikan memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pengguna, maka tak jarang pihak DANA melakukan perbaikan terhadap aplikasi mereka.

Nah, biasanya jika perbaikan tersebut sedang dilakukan, maka akan mengakibatkan terganggunya pengguna dalam menggunakan aplikasi DANA.

Misalnya saja, saat Anda sedang login tapi sistem DANA sedang masa perbaikan, maka Anda akan mengalami gagal login dan keluar pemberitahuan “Akun Dana Kamu Tidak Aktif Terlalu Lama”.

3. Aplikasi DANA Mendeteksi Aktivitas Janggal

Aktifitas login yang tidak wajar, seperti login di perangkat lain, atau login terlalu sering akan membuat sistem dalam mendeteksi hal tersebut sebagai aktivitas yang janggal.

Akibatnya, akan membuat Anda sebagai pengguna kesulitan atau gagal login ke aplikasi DANA, hingga memunculkan pemberitahuan “Akun Dana Kamu Tidak Aktif Terlalu Lama”.

Jika sistem DANA merasa, aktivitas tersebut sudah diluar batas, bisa saja akun DANA tersebut langsung dibekukan dan tidak bisa login kembali, sebelum adanya permintaan pengaktifan kembali oleh pemilik akun DANA tersebut.

4. Cache dari Aplikasi DANA Penuh

Setiap aplikasi yang di install di smartphone akan meninggalkan file cache. Pengguna bisa dan diharuskan untuk rajin menghapus cache tersebut supaya tidak menumpuk dan mengganggu kinerja dari sebuah aplikasi.

Hal ini mungkin saja terjadi pada aplikasi DANA, karena terlalu sering menggunakan aplikasi DANA dan tidak pernah membersihkan cache dari aplikasi DANA tersebut, maka akan menimbulkan masalah dalam menggunakan aplikasi, salah satunya masalah login.

Solusi Akun Dana Kamu Tidak Aktif Terlalu Lama

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari permasalahan login akun DANA tersebut, maka pada kesempatan ini kami juga akan memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan “akun dana kami tidak aktif terlalu lama”, seperti berikut ini.

1. Masukkan PIN DANA Dengan Benar

Untuk terhindar dari segala penalti atau masalah login, maka pastikan Anda memasukkan PIN yang benar saat akan login.

Jika memang Anda lupa PIN dari akun DANA tersebut, maka Anda bisa meresetnya untuk mendapatkan PIN baru.

2. Gunakan Jaringan Internet yang cepat atau stabil

Saat sedang menggunakan aplikasi DANA, terutama saat sedang login, pastikan bahwa koneksi internet yang Anda gunakan stabil atau bagus.

Misalnya saja, Anda bisa menggunakan wifi yang punya koneksi internet yang terbilang lebih stabil dari data seluler.

3. Login kembali ke DANA Dalam Beberapa Waktu Kemudian

Jika Anda mendapatkan pemberitahuan “Akun Dana Kamu Tidak Aktif Terlalu Lama” saat sedang login, maka sebaiknya Anda bisa login kembali dalam beberapa menit atau jam kemudian.

Bisa saja, gagal login tersebut terjadi karena sistem dari aplikasi DANA sedang mengalami perbaikan yang menyebabkan banyak pengguna DANA tidak bisa login, termasuk Anda.

4. Hapus Data dan Cache aplikasi DANA

Cache yang menumpuk dari sebuah aplikasi, terkadang akan membuat aplikasi tersebut tidak bekerja semestinya.

Cache yang sudah menumpuk dan tidak dihapus tersebut, bisa saja mengakibatkan pengguna mengalami gagal login seperti permasalahan yang sedang kita bahas kali ini.

Maka dari itu, Anda harus rajin untuk membersihkan cache dan data dari aplikasi DANA tersebut.

Untuk menghapus cache aplikasi DANA, Anda bisa masuk ke pengaturan > pilih manajemen aplikasi / aplikasi terinstall > pilih aplikasi DANA > tekan hapus cache dan hapus data.

5. Uninstall Aplikasi DANA

Selain menghapus cache aplikasi DANA, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bug dari aplikasi tersebut adalah melakukan install ulang.

Jadi disini Anda perlu meng uninstall aplikasi DANA tersebut, selanjutnya install kembali melalui play store.

6. Hubungi Pihak Customer Service DANA

Jika masalah ‘Akun Dana Kamu Tidak Aktif Terlalu Lama’ tersebut masih terjadi kepada Anda dan sudah mencoba solusi diatas, sebaiknya Anda bisa menghubungi pihak DANA untuk mendapatkan solusi.

Bisa saja, ini dilakukan oleh pihak DANA, untuk menjaga keamanan akun DANA Anda yang dimana sebelumnya terdeteksi aktivitas mencurigak. Ada beberapa cara untuk menghubungi pihak customer service dana, antara lain :

  1. melalui Email : help@dana.id
  2. Melalui Form Bantuan : https://www.dana.id/contact
  3. Melalui Telepon : 1500 445
  4. Melalui Twitter : https://twitter.com/danawallet

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi “akun dana kamu tidak aktif terlalu lama”. Jika masalah pada akun DANA tersebut tidak kunjung selesai juga, maka lebih direkomendasikan untuk menghubungi pihak DANA untuk mendapatkan jawaban yang pasti.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Akun Dana Kamu Tidak Aktif Terlalu Lama"

© RECEH.INFO