Cara Mengirim Barang Lewat JNE

akses cepat Tutup

    Cara Mengirim Barang Lewat JNE - Ada banyak layanan pengiriman barang atau paket yang tersedia di indonesia. Salah satu yang cukup populer dan banyak digunakan yaitu JNE.

    Layanan pengiriman jne yang sudah berkembang sejak tahun 1990 sudah banyak digunakan di indonesia, termasuk di marketplace besar seperti shopee, tokopedia, bukalapak dan yang lain-lain.

    Nah, kalau anda mau kirim barang ke kota lain atau masih dalam 1 kota maka anda wajib mencoba layanan JNE.

    Bingung cara kirimnya ? baru pertama kali ngirim barang ? tenang saja, tidak perlu khawatir, kami sudah merangkum cara mengirim barang lewat jne berikut ini.


    Cara mengirim barang atau paket lewat JNE

    cara kirim barang paket lewat pake JNE indonesia

    Untuk mengirim barang atau paket lewat jne ada beberapa tahap yang akan anda lakukan, mulai dari mengecek ongkos kirim, melakukan packing hingga mengantarnya ke kantor jne terdekat.

    Tenang saja, cara ini mudah dilakukan kok, terutama untuk pemula atau yang baru pertama kali kirim barang, mau itu kirim barang ke luar kota atau dalam satu kota. Yuk simak cara mengirim barang atau paket untuk orang lain lewat jne.


    1. Cek Ongkos Kirim paket atau barang JNE

    Nah, sebelum melakukan packing, anda harus cek dulu nih, kira-kira ongkos kirim dari barang tersebut berapa ya ? biasanya mahalnya ongkos kirim dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari berat barang, jarak, layanan yang digunakan (seperti jne yes atau reguler) dan yang lainnya.

    Bagaimana cara cek ongkos kirim jne ? mudah kok, anda tidak perlu langsung ke kantor jne untuk ceknya, karena anda bisa cek ongkos kirim jne melalui website resmi jne dengan sangat mudah.

    1. Buka website resmi jne di jne.co.id
    2. Di halaman utama masuk ke bagian tarif kiriman atau masuk ke halaman https://www.jne.co.id/id/tracking/tarif
    3. Masukkan detail informasi yang dibutuhkan, seperti :
      • Origin : alamat pengirim (anda sebagai pengirim)
      • Desination : alamat tujuan pengiriman (orang lain / pembeli sebagai penerima)
      • Weight : Berat dalam satuan kilogram (kg)
    4. Jika sudah terisi dengan benar, isi captcha dan tekan tombol check
    5. Setelah menekan check, pada bagian bawah akan terdapat informasi tarif dari pengiriman barang tersebut, terdiri dari nama layanan, jenis kiriman, tarif hingga estimates days.


    2. Packing paket atau barang dengan baik

    Nah, setelah mengetahui biaya mengirim barang lewat jne dengan cara diatas, sekarang anda harus kemas paket tersebut dengan baik dan rapi.

    Pastikan cara packing barang jne tersebut tersebut rapi dan bagus ya, misalnya saja pada lapisan pertama bisa menggunakan plastik, lalu dilapisi lagi dengan koran dan selanjutnya bisa juga gunakan bubble wrap biar tambah aman.

    cara mengirim paket jne dari rumah

    Atau anda bisa menyesuaikan cara packing dengan paket yang dikirim. Misalnya saja barang yang anda kirim termasuk barang yang sensitif terhadap benturan atau mudah pecah, maka packing-nya juga harus ekstra. Atau bisa menggunakan jasa packing kayu dari jne.

    Oh iya, beberapa cabang jne juga menyediakan jasa pengemasan loh, jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi melakukan packing, termasuk untuk packing kayu, tentunya jasa atau layanan tersebut akan mengeluarkan biaya tambahan, gak mahal kok.


    3. Menulis Alamat Pengirim dan Penerima di Paket

    Setelah proses packing selesai sekarang anda perlu menulis alamat paket barang jne tersebut. yang ditulis adalah alamat pengirim dan alamat penerima.

    Hal ini untuk mempermudah petugas dalam melakukan check dan pengelompokkan barang yang akan dikirim tersebut.

    Untuk alamat, bisa anda tulis sedetail mungkin ( tapi jangan berlebihan ya ), tulis saja nama lengkap, alamat ( jalan, rt/rw, kelurahan, kecamatan, provinsi, kota, kode pos) dan nomor hp. Ini berlaku untuk alamat pengirim dan penerima.

    Pastikan juga bahwa tulisan terlihat jelas, kertas tidak rusah dan yang lainnya. Lebih bagus lagi kalau menulisnya di kertas putih atau warna lainnya, lalu di tempel dengan solatip pada bagian atas paket.

    Untuk contohnya anda bisa ikuti seperti gambar dibawah ini. ( gambar dari salamadian.com ).

    contoh penulisan alamat pengirim penerima paket jne


    4. Datang ke kantor JNE terdekat

    Tahap selanjutnya, datang ke kantor jne terdekat dengan membawa paket yang akan dikirim dan juga uang untuk membayar biaya pengirimannya.

    Sampai saat ini, kantor jne sudah sangat banyak sekali tersedia, bahkan sampai kota – kota kecil juga ada.

    Masih bingung cari kantor jne terdekat ? gunakan saja google maps, lalu ketik JNE atau JNE Terdekat.

    Oh iya, untuk jaga – jaga jangan lupa bawa tanda pengenal, siapa tau dibutuhkan untuk dalam proses verifikasi pengiriman nanti.


    5. Penyerahan Paket ke Petugas JNE

    Setelah berada di kantor jne terdekat, maka anda bisa masuk ke kantor jne tersebut lalu katakan ke petugas atau costumer service bahwa anda ingin mengirim barang.

    Nantinya, paket yang akan anda kirim tersebut akan dicek terlebih dahulu oleh petugas jne, anda juga akan ditanya jenis barang yang akan dikirim.

    Tahap selanjutnya, anda akan diminta untuk memilih layanan pengiriman jne yang akan digunakan, seperti jne reguler, jne yes atau yang lainnya.

    Setelah proses pengecekan oleh petugas selesai dan anda sudah membayar biaya yang diperlukan, maka petugas jne akan memberikan resi yang digunakan untuk melacak atau tracking paket tersebut.


    6. Terima resi dan cek status pengiriman

    Setelah menerima nomor resi pengiriman dari petugas jne, maka resi tersebut sudah bisa anda gunakan untuk melacak kira-kira barang tersebut sudah berada di mana dan apakah sudah sampai ke tujuan.

    Cara untuk cek status pengiriman atau resi tersebut cukup mudah, ikuti langkah di bawah ini.

    1. Buka website resmi jne di jne.co.id
    2. Pada bagian LACAK KIRIMAN
    3. Masukkan nomor resi dan tekan tracking

    Nantinya akan muncul informasi dari pengiriman paket tersebut, termasuk paket itu sudah berada di mana.

    Ada beberapa status pengiriman yang sering muncul di cek resi jne dan harus anda ketahui artinya, seperti berikut ini :

    • Manifested : Barang atau paket sudah diterima oleh pihak JNE dan siap atau menunggu dikirim
    • On process : barang atau paket dalam proses pengiriman
    • Received on Destination : barang atau paket sudah berada di kota tujuan, tetapi belum dikirim ke alamat penerima
    • Delivered : barang atau paket sudah sampai di alamat penerima ( biasanya juga tersedia nama si penerima barang tersebut )


    7. Paket atau barang sudah diterima

    cara mengirim barang lewat jne langsung ke kantor

    Anda bisa cek terus resi tersebut melalui website resmi jne dengan cara di atas untuk memastikan apakah barang sudah sampai tujuan.

    Biasanya jika status DELIVERED, maka paket atau barang tersebut sudah sampai di tujuan atau untuk lebih jelas anda bisa tanya ke penerima.


    Penutup

    Demikianlah cara mengirim barang lewat jne untuk pemula yang harus anda coba, terutama yang baru pertama kali mengirim barang dan menggunakan layanan kurir jne.

    Walaupun sudah sangat terkenal dan populer di indonesia, sayangnya sampai saat ini mengirim paket jne dari rumah belum bisa dilakukan.

    Oh iya, jne juga menyediakan beberapa layanan pengiriman, seperti jne reguler, jne yes dan masih banyak lagi.

    Biasanya semakin cepat pengiriman dari layanan tersebut, maka semakin besar juga biayanya, jadi anda bisa memilih sendiri layanan mana yang akan digunakan.

    Belum ada Komentar untuk "Cara Mengirim Barang Lewat JNE"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel