Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara uninstall microsoft edge

Untuk membantu anda menjelajah di internet, tentunya membutuhkan aplikasi browser atau peramban. Dengan menggunakan aplikasi browser tersebut anda bisa lebih mudah mencari hal yang ingin anda temukan.

Jika menggunakan sistem operasi seperti windows, maka secara otomatis anda akan memiliki browser bawaan yang diberi nama Microsoft edge. Browser ini cukup simple dan memiliki beberapa fitur yang sangat berguna.

Namun, sayangnya tidak semua pengguna menyukai menggunakan microsoft edge tersebut dan memilih untuk menggantinya dengan browser populer lainnya, mulai dari mozilla firefox, google chrome dan masih banyak lagi.

Sebagai pengguna, anda juga bisa meng uninstall microsoft edge tersebut dari laptop atau pc yang sedang anda gunakan. Untuk tutorial dan informasinya, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Apa itu microsoft edge ?

Untuk bisa menjelajah internet anda tentunya membutuhkan yang namanya browser. Aplikasi ini sudah banyak sekali tersedia dan biasanya tersedia dalam versi gratis.

Namun, jika anda menggunakan sistem operasi windows yang berasal dari microsoft, maka browser pertama sekali yang anda miliki adalah Microsoft edge.

Microsoft edge adalah browser yang dikembangkan oleh microsoft dan termasuk browser bawaan untuk pengguna sistem operasi windows 10.

Browser ini terlihat simple, namun memiliki banyak fitur yang bermanfaat. Pada update 2020 ini, microsoft membuat browser microsoft edge menjadi terlihat lebih ringan dan elegan, mungkin bisa anda jadikan salah satu rekomendasi browser.

Cara uninstall microsoft edge - 100% berhasil

Walaupun termasuk salah satu browser bawaan dan terbilang cukup powerfull, namun banyak pengguna laptop atau pc memilih menggunakan browser lainnya, seperti google chrome, firefox dan lain-lain.

Nah, maka dari itu, supaya tidak selalu mengganggu atau terbuka secara tidak sengaja atau otomatis, maka beberapa pengguna juga memilih untuk menghapus microsoft edge tersebut.

Namun, yang menjadi permasalahan, menghapus microsoft edge tersebut tidak semudah menghapus software pada umumnya. Karena terkadang kita tidak dapat menemukan dimana direktori browser edge tersebut berada.

Namun, tidak perlu khawatir. Anda masih tetap bisa menghapusnya dengan beberapa cara, mulai dari menggunakan aplikasi tambahan, powershell dan lainnya. Berikut ini akan kami bahas secara lengkap cara menghapus microsoft edge, silahkan simak dan ikuti.

Cara 1 : Uninstall microsoft edge dengan mengganti nama folder

Ada beberapa folder yang bisa anda temukan di drive c yang berhubungan dengan microsoft edge tersebut.

Folder tersebut bisa anda rename untuk bisa menonaktifkan microsoft edge yang ada di pc atau laptop anda.

  1. Pertama, silahkan masuk ke folder C:\Windows\SystemApps
  2. Lalu pada folder tersebut, silahkan cari folder Microsoft.MicrosoftEdge_8wekyb3d8bbwe
  3. Selanjutnya, pada folder Microsoft.MicrosoftEdge_8wekyb3d8bbwe, silahkan klik kanan dan pilih rename
  4. Ganti nama folder tersebut, misalnya MicrosoftEdgeNonaktif

Note : Jika anda mengalami kegagalan dalam mengganti nama folder Microsoft.MicrosoftEdge_8wekyb3d8bbwe tersebut, maka anda bisa menghentikan proses microsoft edge yang sedang berjalan. Caranya buka task manager ( keyboard windows + x > pilih task manager ) lalu cari microsoft edge, klik kanan dan pilih end task

Cara 2 : Uninstall microsoft edge menggunakan powershell

Powershell merupakan salah satu tools yang sangat powerfull dan bisa digunakan untuk mengatur beberapa pengaturan yang ada di windows. Untuk menggunakan powershell anda harus memasukkan perintah yang ingin dilakukan.

Dengan menggunakan powershell tersebut anda juga bisa menghapus microsoft edge yang ada di laptop atau pc anda. Berikut ini cara menghapus microsoft edge dengan powershell.

  1. Pertama, silahkan tekan menu start pada bagian kiri taskbar atau tekan tombol windows di keyboard anda
  2. Lalu pada kolom pencarian yang tersedia, silahkan ketik powershell
  3. Pada pilihan windows powershell yang tersedia, silahkan klik kanan lalu pilih opsi run as administrator
  4. Jika powershell sudah terbuka, silahkan ketik get-appxpackage *edge* dan tekan enter
  5. Lalu perhatikan pada bagian PackageFullName, silahkan copy text yang terdapat pada PackageFullName
  6. Jika sudah, ketik remove-appxpackage pada powershell tersebut dan tambahkan dengan PackageFullName yang telah anda copy tadi, seperti berikut ini
cara uninstall microsoft edge
sc img : ilmuss.blogspot.com

Cara 3 : Mengubah peramban atau browser bawaan

Jika baru pertama sekali menggunakan sistem operasi windows, maka secara otomatis browser bawaan yang digunakan adalah microsoft edge.

Nah, jika anda tidak ingin menggunakan microsoft edge, anda bisa mengganti browser bawaan tanpa harus meng uninstall browser edge tersebut, seperti berikut ini.

  1. Pertama, silahkan tekan menu start atau tombol windows pada keyboard
  2. Lalu tekan menu settings dengan menekan icon gerigi
  3. Lalu pada bagian settings, tekan menu Apps
  4. Pilih menu Default Apps
  5. Silahkan cari menu Web Browser
  6. Tekan pada bagian microsoft edge, lalu pilih browser bawaan yang ingin anda gunakan

Penutup

Demikianlah cara uninstall microsoft edge. Jika anda tidak tertarik menggunakan browser edge, maka dengan beberapa cara di atas anda bisa menguninstallnya atau mengganti browser bawaan di pc atau laptop anda.

Posting Komentar untuk "Cara uninstall microsoft edge"

© RECEH.INFO