Cara mengatasi windows no bootable device

daftar isi Tutup

    Kerusakan pada perangkat pc atau laptop adalah hal yang wajar yang sering kita temui, mau itu kerusakan pada sistem atau kerusakan dari perangkat keras laptop atau pc tersebut.

    Ada banyak masalah umum yang terjadi, salah satunya yaitu windows no bootable device. hal ini bisa disebakan karena banyak hal, seperti HDD yang tidak terbaca, virus, kesalahan pengaturan bios dan lainnya.

    Namun, anda tidak perlu khawatir. Untuk mengatasinya, silahkan simak cara mengatasi windows no bootable device berikut ini untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

    Cara mengatasi no bootable device pada laptop

    masalah no bootable device bisa disebabkan karena banyak hal, namun yang paling umum terjadi adalah masalah pada HDD yang digunakan di komputer atau laptop tersebut.

    Biasanya laptop atau pc tidak mendeteksi adanya HDD yang terpasang, sehingga saat laptop atau pc di hidupkan, maka akan muncul pesan no bootable device. Untuk memperbaiki no bootable device, silahkan simak pembahasan berikut ini.

    Cek HDD di BIOS

    Cara pertama, kita bisa mengetahui apakah hdd tersebut terbaca. Hal ini bisa kita lihat langsung melalui BIOS.

    1. Pertama, anda perlu masuk ke BIOS. Untuk masuk ke bios laptop atau pc, maka matikan terlebih dahulu laptop atau pc tersebut, lalu hidupkan kembali dan tekan tombol F4 (sesuaikan dengan merk laptop anda) secara terus menerus, hingga masuk ke tampilan BIOS (layar hitam)
    2. Selanjutnya, anda bisa masuk ke menu information, pada bagian ini anda perlu melihat apakah status dari HDD tersebut none atau tersedia
    3. Jika hdd tersebut terbaca, biasany ada informasi berupa nama dan serial number, maka anda perlu masuk ke menu atau tab Boot
    4. Selanjutnya, posisikan HDD0 ke bagian pertama atau paling atas
    5. Terakhir, masuk ke menu exit dan pilih opsi exit dan save changes

    Ubah Status Boot mode

    Cara kedua anda perlu mengubah status pada boot mode dari UEFI menjadi LEGACY. Sebelum melakukan hal ini pastikan bahwa HDD tersebut terbaca, untuk mengetahuinya lakukan cara diatas.

    1. Pertama, silahkan masuk ke menu BIOS. Untuk masuk ke menu BIOS anda bisa melihat langkah pertama pada cara pertama diatas
    2. Lalu ubah status UEFI menjadi LEGACY
    3. Terakhir anda tinggal exit dan save, caranya masuk ke menu exit dan pilih exit dan save changes

    Bongkar HDD

    Setelah melakukan cara diatas dan laptop masih berstatus no bootable device, selain itu HDD tersebut tidak terbaca setelah dilakukan pengecekan pada cara pertama, maka anda perlu membokar hdd tersebut dan melakukan perbaikan, seperti mengkencangkan kabel, membersihkan dan lainnya.

    Instal Ulang Laptop

    Cara paling umum untuk memperbaiki kerusakan atau error pada sistem laptop atau pc yang anda gunakan adalah melakukan install ulang. Jika anda telah mengecek dan melakukan perbaikan pada hdd tersebut pada BIOS dan sudah memperbaikinya dengan cara membongkar, maka cara terakhir yaitu melakukan install ulang pada windows yang anda gunakan.

    Service Center

    Jika masih menerima pesan no bootable device juga dan anda tidak berani dalam membongkar laptop atau pc tersebut. Maka saya sarankan membawanya langsung ke Service center. Jika laptop tersebut masih baru dan memiliki garansi sebaiknya lakukan claim garansi untuk menekan harga service.

    Kesimpulan

    Demikianlah cara mengatasi no bootable device pada windows. Setelah mencoba cara-cara diatas diharapkan anda bisa menggunakan laptop atau pc tersebut kembali seperti normal dan anda tidak mendapatkan pesan no bootable device lagi saat menghidupkan laptop atau pc tersebut.

    Belum ada Komentar untuk "Cara mengatasi windows no bootable device"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel