cara mengatasi windows operating system not found

akses cepat Tutup

    Apakah anda pernah mendapatkan pesan Operating System Not Found - Press Ctrl + Alt + Delete to restart saat sedang menghidupkan komputer atau laptop ? biasanya hal tersebut dibarengi dengan layar yang hitam dan hanya tersedia tulisan tersebut.

    Sebetulnya, apa yang terjadi ? biasanya hal ini terjadi karena terdapat kerusakan pada harddisk yang digunakan untuk menyimpan atau menjalankan sistem operasi yand digunakan. Lalu bagaimana cara memperbaiki windows operating system not found. Silahkan simak penjelasan dibawah ini dengan seksama.

    Penyebab windows operating system not found

    Jika dilihat dari artinya, kemungkinan laptop atau pc tersebut tidak dapat mendeteksi ruang penyimpanan atau partisi yang digunakan untuk load sistem operasi.

    Hampir sama dengan masalah windows no bootable device yang kita bahas sebelumnya. Kerusakan seperti ini biasanya terjadi pada hdd yang digunakan. Ada beberapa penyebab dari windows operating system not found, antara lain :

    1. BIOS tidak mendeteksi HDD yang digunakan
    2. Kesalahan dalam settings BIOS
    3. Terkena virus
    4. HDD Rusak
    5. Sistem operasi corrupt
    6. Dan masih banyak lagi

    Selain pesan windows operating system not found, ada beberapa pesan tambahan lainnya yang biasanya muncul, seperti :

    1. Operating System not found
    2. Setup did not find any hard drives installed on your computer
    3. Missing Operating System

    Cara mengatasi windows operating system not found

    Berikut ini solusi yang bisa anda coba untuk mengatasi problem Windows operating system not found pada pc atau laptop yang anda gunakan.

    Perbaiki settingan BIOS

    Pertama, anda perlu mengecek apakah settingan yang digunakan pada bios tersebut sudah benar, apakah hardware yang digunakan pada Boot priority sudah benar. Silahkan lakukan langkah berikut ini.

    1. Pertama, pastikan bahwa laptop atau pc dalam keadaan mati
    2. Lalu nyalakan kembali laptop tersebut dan masuk ke mode BIOS, caranya tekan tombol (ESC/F1/F2/F8/F10/F11/DEL) secara berulang *silahkan sesuaikan dengan merk laptop atau pc yang anda gunakan, biasanya berbeda-beda
    3. Jika sudah berhasil masuk ke BIOS, masuk ke tab Boot
    4. Lalu pada bagian UEFI/BIOS Boot Mode, silahkan ganti UEFI menjadi LEGACY
    5. Lalu pada bagian Boot priority, silahkan anda sesuikan urutan paling atas adalah hardisk yang digunakan atau yang load sistem operasi
    6. Terakhir, tinggal exit dan save

    Gunakan Automatic Repair

    Seperti namanya, Automatic Repair digunakan untuk memperbaiki segala kerusakan yang terjadi pada windows. Biasanya Automatic Repair bisa anda dapatkan melalui CD instalasi windows atau berbentuk USB.

    1. Pertama, anda perlu menjalankan windows menggunakan CD instalasi atau USB
    2. Lanjut pilih bahasa dan pilih opsi Next dan tekan Repair your computer
    3. Lalu pilih menu Troubleshoot dan tekan Advanced options
    4. Terakhir anda hanya perlu memilih menu Automatic Repair dan menunggu hingga proses selesai

    Scan virus pada storage

    Seperti yang sudah kita bahasa sebelumnya pada penyebab masalah ini, bisa saja virus membuat anda gagal dalam load os tersebut dan mendapatkan pesan windows operating system not found.

    Maka dari itu anda perlu melakukan scan virus pada penyimpanan tersebut, mau itu HDD atau SDD.

    Lalu bagaimana caranya ? bukankan kita tidak bisa masuk ke dekstop ? untuk itu anda perlu melepaskan ssd atau hdd tersebut, lalu sambungkan ke komputer lain dan dari komputer tersebut lakukan scan virus menggunakan antivirus yang menurut anda terbaik.

    Perbaikin BCD Dengan Bootrec.exe

    Dengan menggunakan program bootrec.exe akan membantu anda untuk memperbaiki masalah pada windows tersebut, terutama dalam hal starup termasuk load boot. Hal ini bisa dilakukan jika hdd yang anda gunakan masih dalam keadaan normal.

    Untuk informasi dan cara melakukan perbaikan BCD dengan bootrec.exe anda bisa cek langsung melalui https://neosmart.net/wiki/bootrec/.

    Cek Fisik harddisk

    Seperti yang sudah kita jelaskan sebelum-sebelumnya, masalah seperti ini bisa saja berasal dari HDD yang mengalami kerusakan sehingga sistem atau windows tersebut tidak membaca hdd yang anda gunakan.

    Untuk solusinya anda perlu membongkar laptop atau pc yang anda miliki, lalu buka hdd atau ssd yang digunakan untuk penyimpanan OS, dan cek pada bagian fisiknya. Apakah ada damage atau kerusakan fatal atau kerusakan pada kabel dan port lainnya.

    Jika terjadi kerusakan, sebelumnya anda bisa coba dulu ke laptop atau pc lain, apakah masih berfungsi. Jika rusak total, maka sebaiknya direkomendasikan untuk diganti.

    Penutup

    Demikianlah cara mengatasi windows operating system not found dengan baik dan benar. Sekarang setelah melakukan cara diatas anda tidak akan menemukan pesan tersebut lagi, jika menghidupkan komputer atau laptop tersebut.

    Jika ada yang kuran mengerti tentang pembahasan windows operating system not found, anda bisa meningglkan komentar dibawah, termasuk kritik, saran dan tambahan lainnya. Semoga bermanaat, termakasih.

    Belum ada Komentar untuk "cara mengatasi windows operating system not found"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel