Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara submit sitemap / peta situs ke Google Search console

cara mudah submit sitemap ke google webmaster atau google search console dan bing

Banyak sekali cara yang bisa kita gunakan untuk membuat artikel atau postingan di blog kita muncul di halaman pencarian google . beberapa teknik SEO bisa kita gunakan untuk meningkatkan hal tersebut . karena target kita adalah membuat web kita muncul di pencarian google saat di cari kita bisa menggunakan tools yang memang telah disediakan oleh google sendiri untuk mempermudah hal tersebut , yaitu dengan menggunakan Google webmaster (untuk versi yang dahulu / versi lama) atau Google search Console (untuk versi yg sekarang / terbaru ) .

selalu ada perkembangan yang dilakukan google untuk mempermudah kita , terutama dalam tools Google search console , dalam tahun 2019 ini google sendiri mengubah tampilan Google search console menjadi lebih modern (*pendapat pribadi) . Jika sebelumnya kita telah membahas tentang Cara daftar Google Search Console , banyak sekali hal yang kita bahas terutama manfaat atau fungsi dari Google search console sendiri .

cara yang bisa kita lakukan saat menggunakan Google search console sendiri yaitu dengan melakukan submit mau itu berupa postingan , halaman dan juga sitemap . jadi pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana cara submit sitemap pada google webmaster versi terbaru di tahun 2019 .

Apa itu Sitemap ?

Sitemap adalah salah satu alat yang membantu webmaster untuk mengenali dan mempermudah dalam pengenalan peta situs atau gambaran situs , sitemap membantu webmaster untuk mendeteksi konten yang ada pada website kita yang nantinya akan dimunculkan di Google Search Engine

Hal penting tentang Sitemap .

untuk kamu pengguna website self-hosted seperti wordpress , sitemap harus dibuat secara manual dengan beberapa format sitemap yang dikenali oleh Google : xmlRSS, mRSS, Atom 1.0 ,Teks , atau kamu bisa menggunakan plugin yang sudah tersedia . jika kamu memiliki website atau blog yang dibuat menggunakan Blogger.com (blogspot) tidak perlu report , karena sudah otomatis tersedia . untuk cek sitemap bagi pengguna blogger.com (blogspot) kamu bisa menggunakan format dibawah ini dan buka di browser . untuk postingan :
https://alamatbloganda.blogspot.com/sitemap.xml
untuk halaman statis atau page :
https://alamatbloganda.blogspot.com/sitemap-pages.xml
ganti alamatbloganda.blogspot.com dengan url website anda .

Mempercepat index google dengan Submit sitemap ke Google search console .

seperti yang dijelaskan diatas jika kita submit sitemap , maka konten yang ada didalam website kita akan di baca secara bertahap . sebelum masuk ketutorialnya pastikan kamu sudah mendafarkan website-mu ke Google search console .
  1. Buka dan Login ke Google search console
  2. di bagian sidebar (sebelah kiri) klik "Sitemap"
  3. pada kolom "add a new sitemap" / "tambahkan peta situs baru" isi dengan sitemap.xml dan sitemap-pages.xml (perhatikan gambar)
  4. dan klik tombol submit .
cara submit sitemap 2019 untuk blogger.com atau blogspot
sampai disini kamu sudah selesai melakukan submit sitemap , sebetulnya ada beberapa url atua text sitemap yang bisa kamu masuk untuk menganti sitemap.xml / sitemap-pages.xml , tapi hal ini dilakukan jika hanya sitemap yang kita submit sebelumnya mengalami beberapa masalah seperti keterlambatan index , dll .
  1. atom.xml
  2. atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  3. atom.xml?redirect=false
  4. feeds/posts/default?%20max-%20results=9999&%20alt=json-in-%20script&callback=%20loadtoc
  5. feeds/posts/default?orderby=updated
  6. carano1google.blogspot.com/rss.xml
  7. sitemap.xml
Sekianlah tutorial bagaiman submit sitemap terbaru di tahun 2019 , lakukan langkah ini untuk membantu google mengetahui dan membaca isi atau konten dari website anda .

Posting Komentar untuk "Cara submit sitemap / peta situs ke Google Search console"

© RECEH.INFO