Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Lupa PIN Akulaku Tebaru

Cara Mengatasi Lupa Pin Akulaku

Dalam melakukan transaksi dengan menggunakan akulaku, mau itu di aplikasi akulaku atau di aplikasi lainnya, pengguna diwajibkan untuk memasukkan PIN.

Jika tidak bisa memasukkan PIN yang benar, maka transaksi dan pembayaran yang dilakukan tidak akan selesai.

Bahkan, jika Anda terus mencoba memasukkan PIN yang salah tersebut bisa berakibat fatal hingga akun akulaku tersebut diblokir.

Nah, jika Anda lupa pin akulaku tersebut, sebaiknya gunakan fitur lupa PIN di aplikasi akulaku untuk membuat pin baru, seperti tutorial di bawah ini.

Manfaat Penggunaan PIN Akulaku

Secara umum setiap platform, apalagi yang berhubungan dengan finansial pasti punya fitur keamanannya tersendiri. Namun, penggunaan PIN sendiri sudah menjadi hal yang lumrah dalam hal keamanan di banyak platform atau aplikasi.

Hal ini juga akan Anda temukan di aplikasi akulaku. Dimana secara wajib, pengguna akan diminta untuk mengatur pin mereka. PIN ini akan berguna sebagai opsi keamanan yang dimana pengguna akan diminta untuk memasukkannya, salah satunya saat melakukan transaksi.

Penyebab Lupa PIN Akulaku

Ada banyak sekali hal yang bisa membuat pengguna lupa pin akulaku mereka, salah satunya PIN tersebut dibuat dengan angka yang acak dan jarang sekali di ingat atau terlintas dipikiran pengguna. Hal tersebut memang terdengar bagus, hanya saja sangat rawan dan kurang direkomendasikan untuk yang suka lupa dan termasuk jarang menggunakan akulaku untuk transaksi.

Cara Mengatasi Lupa PIN Akulaku - Buat PIN Baru

Solusi untuk lupa pin akulaku adalah dengan mengakses menu lupa pin pembayaran di aplikasi akulaku. Menu ini akan meminta pengguna untuk melakukan verifikasi biometrik atau verifikasi wajah, sehingga nantinya pengguna bisa mengatur ulang kembali PIN akulaku tersebut. Untuk lebih jelasnya, ikuti tutorial lupa pin akulaku berikut ini.

  1. Buka aplikasi akulaku.
  2. Login dengan akun akulaku yang PIN-nya lupa.
  3. Lakukan transaksi apapun menggunakan limit akulaku. Misalnya membeli pulsa. Tenang saja, hal ini hanya sebagai percobaan, Anda tidak perlu menyelesaikan transaksinya.
  4. Lalu tekan tombol bayar. Biasanya terdapat dibagian kanan bawah.
  5. Nantinya Anda akan diminta untuk memasukkan PIN. Karena lupa, jadi tidak perlu dimasukkan.
  6. Lanjut saja tekan menu Lupa PIN Pembayaran di bagian bawahnya.
  7. Tekan tombol verifikasi wajah untuk melakukan verifikasi keamanan. Saat melakukan verifikasi wajah, pastikan mengikuti arahan yang tampil dilayar, seperti tidak boleh terlalu gelap, wajah tidak boleh tertutupi, jangan bergerak dan yang lainnya.
  8. Masukkan 6 angkat PIN baru. Nah, setelah proses verifikasi wajah berhasil, maka Anda akan diminta untuk memasukkan PIN akulaku yang baru.
  9. Selesai, Anda sudah berhasil mengganti PIN akulaku tersebut ke PIN yang baru.

Jadi, setelah mendapatkan PIN akulaku yang baru, maka Anda sudah bisa menggunakan akun akulaku tersebut kembali untuk berbagai transaksi.

Tips Supaya Tidak Lupa PIN Akulaku

Pengguna diwajibkan untuk memasukkan PIN akulaku sebanyak 6 digit dalam bentuk angka. Nah, angka untuk PIN ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna sendiri. Namun, pihak akulaku sendiri tidak menyarankan menggunakan angka yang sama berurutan, mengandung NIK atau no hp dan mengandung kata sandi login.

Anda bisa menggunakan angka - angka yang mudah Anda ingat, atau biasanya anda lafalkan, misalnya saja dengan menggunakan PIN yang sama digunakan di ATM, atau membalikan angka yang mudah Anda ingat dari belakang atau kombinasi angka lainnya.

Pada intinya, PIN memang harus dibuat rumit dan tidak mudah ditebak untuk alasan keamanan. Namun, jangan sampai pin yang rumit tersebut membuat Anda malah sering lupa dengan PIN tersebut. Jika sering melakukan lupa PIN di akulaku, bisa berakibat fatal, seperti membuat akun akulaku di blokir.

Demikianlah cara mengatasi PIN akulaku yang lupa. Jika sudah mendapatkan pin akulaku yang baru, pastikan Anda tetap ingat PIN tersebut,. Jika memang diperlukan, Anda bisa catat, baik itu dikertas, di hp atau media lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Lupa PIN Akulaku Tebaru"

© RECEH.INFO