Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Menghemat Ram HP Android Untuk Mengatasi Lag dan Lemot

Apa sih hal yang pertama sekali anda perhatikan saat ingin memiliki atau membeli sebuah hp ? hal yang umum salah satunya adalah ram atau random access memory. Ram pada sebuah hp, terkhususnya untuk hp yang menggunakan sistem operasi android, seperti hp xiaomi, vivo, oppo dan yang lainnya menjadi perhatian penting seberapa besar ram-nya.

Terutama, jika hp yang anda gunakan untuk keperluan multitasking, maka anda harus menyesuaikan ram yang besar juga. Hal ini juga berlaku, jika anda ingin menggunakan hp tersebut untuk keperluan bermain game berat, seperti pubg mobile, mobile legend dan yang lainnya.

Maka dari itu, sebagai pengguna hp, anda harus terus memperhatikan penggunaan ram pada hp anda untuk menunjang performa dari hp tersebut. Sebetulnya ada banyak sekali penyebab yang membuat sebuah ram menjadi cepat penuh dan menurunkan performa, salah satunya terlalu banyaknya aplikasi yang terinstall bahkan berjalan di latar belakang.


Tips Menghemat Ram Pada Hp Android

cara menghemat ram hp android

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas, bagaimana sih cara menghemat ram pada hp android yang kita gunakan supaya selalu lancar dan nyaman digunakan tanpa adanya lagging.


Jangan Install Aplikasi Terlalu Banyak

cara menghemat ram android

Hal ini terutama berlaku jika anda menggunakan hp android atau yang lainnya yang memiliki kapasitas ram yang sangat kecil, misalnya saja hp dengan ram 1 gb atau 512 mb.

Hp tersebut akan terasa lambat dan memiliki performa yang buruk jika anda terlalu banyak menginstall aplikasi, karena akan memenuhi ram hp anda, terutama jika aplikasi tersebut termasuk aplikasi berat dan selalu berjalan di latar belakang.

Maka dari itu, pastikan anda menginstall aplikasi yang menurut anda penting saja untuk digunakan.

Sebagai gantinya, jika memang diperlukan anda bisa menginstall aplikasi alternatif yang lebih ringan, misalnya saja versi lite seperti yang disediakan oleh beberapa developer aplikasi, seperti facebook like, messenger lite dan masih banyak lagi.


Cek & Hapus Aplikasi yang Boros Ram

cara menghemat ram chrome

Jika sudah terlanjur menginstall aplikasi terlalu banyak, maka anda bisa cek terlebih dahulu kira-kira aplikasi mana yang banyak menggunakan ram dan segera hapus.

Bagaimana cara ceknya ? ada beberapa cara yang bisa anda gunakan, biasanya penggunaan ram juga bisa dibandingkan dengan besarnya size dari aplikasi tersebut.

Namun lebih baik lagi jika anda melihat seberapa boros aplikasi tersebut dengan melihat penggunaan baterai atau daya dari aplikasi tersebut.

Untuk melihat hal tersebut, anda bisa menggunakan fitur settings atau pengaturan yang ada di setiap hp, contohnya saja untuk pengguna hp xiaomi anda bisa melihat pada bagian settings, lalu pilih baterai dan performa, lalu pilih penggunaan daya.

Pada bagian itu anda bisa melihat, aplikasi mana saja yang paling banyak menggunakan daya baterai, sebagai opsi untuk membersihkan atau menghemat ram anda, maka aplikasi tersebut bisa dihapus jika tidak terlalu penting.


Matikan Izin Berjalan di Latar Belakang pada Aplikasi

Setiap aplikasi yang anda install di hp akan memiliki pengaturan izin secara otomatis tentang berjalan di latar belakang.

Artinya aplikasi tersebut akan tetap terbuka atau melakukan aktivitas yang diperlukan tanpa anda harus membuka aplikasi tersebut.

Tentunya hal tersebut akan membuat ram anda menjadi penuh dan membuat peforma menjadi menurun.

Maka dari itu, anda harus mematikan izin aplikasi berjalan di latar belakang, yang dimana artinya setiap aplikasi baru bisa berjalan atau melakukan aktivitas jika anda sendiri yang membuka atau menggunakan aplikasi tersebut.

Bagaimana cara mematikan izin aplikasi berjalan di latar belakang ? cara ini sebetulnya ada di semua hp terutama untuk pengguna hp android, penggunaannya tentunya setiap hp berbeda.

Namun anda bisa lihat pada info aplikasi, dimana anda perlu masuk ke pengaturan, cari dan pilih opsi aplikasi, lalu pilih salah satu aplikasi dan matikan opsi berjalan di latar belakang atau mulai otomatis.

Jangan lupa, setelah menekan mematikan izin tersebut, tekan juga menu paksa henti untuk menutup aplikasi tersebut secara paksa dan tidak berjalan lagi.


Gunakan Browser Untuk Social Media

cara menghemat ram xiaomi

Memang kebanyakan social media sekarang sudah bisa diakses melalui aplikasi, misalnya saja twitter, facebook, instagram dan yang lainnya.

Tapi, beberapa social media tersebut juga bisa diakses melalui browser loh, bahkan fitur yang ditampilkan juga mirip-mirip.

Jadi, sebaiknya jika anda menggunakan social media, dimana social media tersebut bisa diakses melalui browser, maka sebaiknya menggunakan browser saja dibandingkan harus menginstall aplikasi social media tersebut.

Ada beberapa social media yang bisa diakses melalui browser, seperti facebook, twitter, instagram, tiktok dan yang lainnya.


Jangan Menggunakan Live Wallpaper dan Widget

cara menghemat ram pada hp android

Walaupun terlihat keren dan sangat membantu, nyatanya menggunakan live wallpaper dan widget pada layar hp akan membuat penggunaan ram semakin banyak dan bisa menurunkan performa hp anda, terutama jika ram hp anda kecil.

Walaupun ada aspek keindahan dan fungsional, sebaiknya hal tersebut tidak digunakan, jika sudah terlanjur, maka anda bisa menghapus penggunaan live wallpaper tersebut dan gunakan wallpaper biasa.

Sedangkan untuk widget anda juga bisa hapus secara keseluruhan atau gunakan widget yang penting saja, misalnya saja jam.


Jangan Install Aplikasi RAM Booster atau Task Killer

Pernah lihat aplikasi ram booster atau task killer ? sebetulnya, aplikasi – aplikasi tersebut tidak perlu anda install.

Kenapa ? karena kebanyakan smartphone sekarang sudah menyediakan fitur pembersih bawaan yang powerfull untuk digunakan.

Jadi, jika anda menginstall aplikasi ram booster atau task killer dari pihak ke-3 tersebut sama saja anda membuat ram hp anda kembali penuh.

Jadi pastikan di hp anda sudah tersedia fitur pembersih bawaan dan tidak menginstall aplikasi ram booster atau task killer dari pihak ke-3.


Bersihkan Penyimpanan Secara Berkala

cara menghemat ram di hp xiaomi

Sedikit membantu untuk dilakukan anda bisa mencoba membersihkan penyimpanan hp anda secara berkala, misalnya saja menghapus berkas yang tak penting, menghapus cache dan data dan yang lainnya.

Anda bisa menggunakan fitur pembersih bawaan yang sudah tersedia untuk semua hp, terutama hp android.

Atau anda juga bisa menggunakan aplikasi pembersih yang umum dan sudah populer hanya jika fitur pembersih bawaan pada hp anda tidak optimal, beberapa aplikasi yang bisa digunakan seperti clean master, ccleaner dan masih banyak lagi.


Gunakan Aplikasi Versi Lite

cara menghemat ram di hp xiaomi

Beberapa developer aplikasi, terutama untuk hp android telah mengerti dengan kebutuhan pengguna, terutama untuk pengguna hp dengan spesifikasi rendah.

Maka dari itu, untuk masalah kenyamanan para pengguna, banyak developer aplikasi membuat aplikasi dengan versi yang lebih ringan atau sering disebut versi lite.

Ini menjadi salah satu opsi untuk anda menghemat hp ram tersebut, jadi anda tetap bisa menggunakan aplikasi tersebut namun dengan versi lite-nya.

Ada banyak aplikasi yang tersedia dalam versi lite, misalnya : facebook lite, messenger lite dan masih banyak lagi.


Penutup

Nah itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk cara menghemat ram hp android dengan sangat mudah.

Jadi, selanjutnya ram pada hp anda bisa lebih lega dan memiliki kapasitas yang lebih besar yang mana akan berhubungan juga dengan performa yang akan lebih bagus.

Kami sangat tidak merekomendasikan anda untuk menggunakan aplikasi hemat ram yang dimana kebanyakan aplikasi seperti itu tidak terlalu berguna, lebih baik menggunakan fitur pembersih atau pengoptimalan bawaan hp tersebut saja.

Jika memang anda menginginkan keadaan hp anda seperti baru, termasuk penggunaan ram yang tidak terlalu banyak, maka anda bisa mengembalikan ram hp seperti semula dengan cara melakukan reset pabrik atau reset hp.

Posting Komentar untuk "8 Cara Menghemat Ram HP Android Untuk Mengatasi Lag dan Lemot"

© RECEH.INFO