Cara Menggunakan Hotspot Portabel di Xiaomi Untuk Pemula

daftar isi Tutup

    Pada perangkat smartphone xiaomi, untuk membagikan koneksi ke perangkat atau pengguna lain kita bisa menggunakan fitur hotspot.

    Hal ini merupakan fitur bawaan yang bisa kita akses pada bagian panel notifikasi atau melalui menu settings pada bagian hotspot portabel atau pribadi.

    Kalau anda baru pertama kali menggunakan fitur hotspot tersebut pada hp xiaomi, maka anda harus mengaturnya terlebih dahulu.

    Mulai dari mengatur nama hotspot, sandi atau password hotspot, pembatasan data dan perangkat yang terhubung dan yang lainnya, seperti penjelasan berikut ini.

    Cara Aktifkan Hotspot portabel di hp xiaomi

    Cara Menggunakan Hotspot Portabel di Xiaomi

    Untuk mengaktifkan hotspot portabel pada xiaomi terbilang cukup mudah, anda bisa mengaktifkannya melalui panel notifikasi pada bagian atas hp.

    Atau anda juga bisa mengaktifkannya melalui menu settings atau pengaturan, dengan cara masuk ke menu pengaturan / setelan / settings, lalu pilih opsi Hotspot portabel dan aktifkan fitur tersebut dengan menekan slider pada bagian kanannya.


    Pengaturan Hotspot Portabel Xiaomi

    Setelah berhasil mengaktifkan fitur hotspot tersebut dengan cara di atas, langkah selanjutnya anda bisa mengatur hotspot tersebut.

    Apa saja yang bisa diatur dari hotspot portabel xiaomi tersebut ? mulai dari nama hotspot, password, membatasi pengguna dan masih banyak lagi.

    Berikut kami rangkum secara singkat, beberapa pengaturan yang bisa anda atur sendiri pada fitur hotspot portabel.

    1. Atur Hotspot portabel

    Setelah masuk ke menu hotspot portabel dan mengaktifkannya, maka anda akan melihat menu atur hotspot portabel pada bagian bawahnya.

    Untuk mengatur lebih lanjut hotspot di hp xiaomi tersebut, anda tinggal klik menu hotspot portabel, lalu ada beberapa bagian penting yang harus anda isi dan sesuaikan, antara lain :

    • SSID : Bagian ini bisa anda isi dengan nama hotspot yang anda inginkan, ini nantinya akan mempermudah pengguna lain untuk menemukan hotspot dari hp anda
    • Keamanan : untuk bagian ini ada beberapa opsi yang bisa dipilih, kami menyarankan untuk menggunakan WPA2 PSK supaya bisa menggunakan sandi
    • Sandi : setelah memilih opsi WPA2 PSK pada bagian keamanan, anda bisa memasukkan sandi atau password dari hotspot tersebut, jadi setiap ada pengguna lain yang ingin menggunakan hotspot anda harus memasukkan password atau sandi tersebut terlebih dahulu. Anda bisa menekan icon mata pada bagian kanan untuk melihat dan memastikan password tersebut apakah sudah sesuai
    • identifikasi perangkat : untuk bagian ini, silahkan pilih opsi Hotspot portabel
    • Pilih Pita AP : bagian ini defaultnya adalah Pita 2,4 GHz, semakin tinggi opsi angka biasanya jarak jangkauan akan semakin pendek namun untuk kecepatan akan semakin lebih baik atau stabil

    2. Bagikan Kode QR

    Bagikan kode qr merupakan salah satu opsi yang bisa digunakan untuk membagikan koneksi hotspot tersebut kepada pengguna lain.

    Setelah anda menekan menu Bagikan Kode QR tersebut, maka secara otomatis akan keluar kode qr dari hotspot tersebut.

    Pengguna lain yang ingin tersambung ke hotspot anda hanya perlu melakukan scan pada kode qr tersebut dan langsung terhubung tanpa memasukkan password.

    3. Batas data satu kali

    Untuk membatasi penggunaan kuota internet atau data secara berlebihan saat menggunakan hotspot dan membagikannya ke perangkat atau pengguna lain, maka anda bisa memanfaatkan fitur batas data satu kali.

    Untuk mengaktifkan fitur batas data satu kali, anda perlu menekan menu tersebut, lalu aktifkan dengan menekan slider pada bagian kanan.

    Pada bagian bawah anda bisa mengatur berapa batas data yang anda inginkan, misalnya saja 500mb, lalu pada bagian saat terlampau anda bisa pilih matikan dan beritahu atau hanya beritahu.

    Jadi setelah penggunaan kuota internet melalui hotspot melewati batas data satu kali yang sudah ditetapkan sebelumnya ( misalnya pada contoh diatas 500mb ), maka akan muncul notifikasi bahwa telah terlampau atau bahkan hotspot akan dimatikan secara otomatis.

    4. otomatis tutup / matikan hotspot

    Jika anda mengaktifkan menu ini, maka hotspot tersebut akan mati secara otomatis jika tidak ada perangkat atau pengguna lain yang terhubung.

    5. Membatasi Perangkat terhubung hotspot xiaomi

    Hotspot pada xiaomi juga memungkinkan penggunanya untuk membatasi perangkat yang terhubung pada hotspot tersebut.

    Bagaimana cara membatasi pengguna atau perangkat hotspot yang terhubung ? caranya cukup mudah, masuk ke menu settings / setelan / pengaturan, pilih opsi hotspot portabel / hotspot pribadi, lalu pilih opsi perangkat terhubung di bagian paling bawah dan pilih menu batas perangkat terhubung.

    Nah, pada bagian selanjutnya anda hanya perlu memilih berapa banyak perangkat yang bisa terhubung ke hotspot xiaomi tersebut.

    Oh iya, di beberapa hp xiaomi fitur batas perangkat terhubung tersebut tidak tersedia, hal ini bisa dikarenakan banyak hal salah satunya rom yang digunakan tidak mendukung atau tidak menyediakan fitur tersebut.

    Jadi satu-satunya cara untuk membatasi pengguna adalah dengan menghapus perangkat yang terhubung pada bagian perangkat terhubung secara manual, lalu anda bisa mengganti password atau sandi hotspot tersebut untuk lebih amannya.

     

    Penutup

    Demikianlah cara menggunakan hotspot portabel di xiaomi untuk pemula yang wajib anda ketahui.

    Dengan cara di atas, sekarang anda sudah bisa berbagi koneksi internet ke perangkat atau pengguna lain.

    Jangan lupa atur hotspot tersebut supaya lebih aman dan tidak memakan terlalu banyak data atau kuota internet saat digunakan.

    Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan Hotspot Portabel di Xiaomi Untuk Pemula"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel