Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bayar Bea Cukai Aliexpress Terbaru

Seperti yang kita tau, setiap membeli barang dari luar negeri biasanya akan ada biaya atau tagihan tambahan yang disebut pajak bea cukai.

Hal ini juga akan anda alami, jika anda membeli barang dari aliexpress yang dikirim dari luar negeri.

Pembayaran pajak bea cukai tersebut, sebetulnya sudah dipermudah dengan berbagai pilihan pembayaran, mulai dari kantor pos, bank, marketplace dan yang lainnya.

Namun, jika anda pertama kali melakukan pembayaran bea cukai dan masih bingung, anda bisa simak penjelasan cara bayar bea cukai aliexpress terbaru berikut ini.


Cara Mendapatkan No Tagihan (Kode Billing) Bea Cukai

Sebelum melakukan pembayaran bea cukai aliexpress tersebut, anda harus mengecek terlebih dahulu informasi tagihan yang harus anda bayar.

Termasuk untuk mendapatkan no tagihan atau kode billing yang digunakan sebagai nomor pembayaran nantinya.

Pertama, siapkan nomor resi pengiriman yang bisa anda dapatkan dari website atau aplikasi aliexpress.

Lalu masuk ke website https://www.beacukai.go.id/barangkiriman, pada kolom yang tersedia masukkan nomor resi dan isi keycode, terakhir tekan submit. Selanjutnya, akan muncul informasi bea cukai dari nomor resi tersebut.

Pada bagian kode billing adalah kode pembayaran yang nantinya akan anda gunakan untuk membayar tagihan bea cukai tersebut.

Oh iya, kode billing tersebut biasanya akan muncul setelah barang yang anda beli dari aliexpress masuk ke indonesia dan sudah diperiksa oleh pihak terkait.


Cara Bayar Bea Cukai Aliexpress Terbaru

Cara Bayar Bea Cukai Aliexpress terbaru 2021 2022 2023

Nah, jika saat ini kami sedang atau berminat untuk melakukan belanja online melalui aliexpress dan bingung untuk membayar bea cukainya, maka ada beberapa cara yang bisa anda gunakan.

Mulai dari membayarnya melalui pos, jasa pengiriman dan beberapa lainnya. Setiap cara memiliki metode atau tata cara yang berbeda, jadi pastikan anda simak penjelasan berikut ini untuk lebih lengkapnya.


Bayar bea cukai aliexpress melalui kantor pos

Kantor pos termasuk salah satu pilihan yang umum digunakan untuk keperluan berbagai pembayaran, termasuk untuk membayar bea cukai dari aliexpress.

Nah, biasanya sebagai penerima atau pembeli dari aliexpress, anda akan menerima informasi tagihan pajak dan biasa langsung di kirim ke alamat penerima atau dengan cara yang lainnya.

Pada surat tagihan pajak atau informasi bea cukai yang anda terima, tentunya akan berisi informasi perhitungan yang harus dibayar, biasanya tertera juga kantor pos yang bisa anda kunjungi untuk membayar hal tersebut.

Singkatnya, anda harus datang ke kantor pos tersebut, lalu informasikan keperluan untuk membayar bea cukai atau tunjukkan surat yang anda dapat.

Jangan lupa untuk membawa beberapa dokumen penting, seperti surat tagihan ( bila ada ) dan kartu identitas ( ktp / sim / paspor ) biasanya dalam bentuk foto-copy.

Bayar bea cukai aliexpress melalui Jasa Pengiriman

Untuk keperluan pembelian barang dari luar negeri, termasuk dari aliexpress, anda bisa menggunakan jasa pengiriman untuk mempermudahnya.

Termasuk untuk pembayaran bea cukai dari aliexpress tersebut. Biasanya setelah barang tersebut sudah sampai ke indonesia, pihak dari jasa pengiriman yang anda gunakan langsung mengakumulasikan semua biaya.

Lalu jasa pengiriman tersebut akan memberitahukan kepada anda informasi paket atau bea cukai yang harus dibayarkan, bisa melalui telepon, sms ataupun email.

Anda bisa membayar pajak atau bea cukai tersebut langsung dengan cara transfer ke rekening perusahaan jasa pengiriman tersebut atau membayarnya saat barang tersebut sampai ke alamat anda yang dikirim oleh kurir.

Bayar bea cukai aliexpress melalui Bank

Anda juga bisa membayar tagihan bea cukai tersebut dengan melalui bank. Misalnya saja anda bisa menggunakan fasilitas dari Internet Banking BCA Bisnis.

Atau anda juga bisa membayar langsung ke bank kantor cabang bca ataupun bni. Jangan lupa bawa dokumen yang diperlukan, seperti surat tagihan bea cukai ( jika ada ) dan juga kartu identitas.

Rekomendasi ! Bayar bea cukai aliexpress melalui Tokopedia

Kalau anda mau lebih mudah, maka bisa melakukan pembayaran melalui tokopedia secara online.

  1. Caranya masuk ke tokopedia, pilih menu top up & tagihan, lalu pilih menu penerimaan negara atau klik link ini
  2. Jika sudah, pada bagian “pilih” silahkan disesuaikan, anda bisa memilih opsi bea cukai untuk membayar bea cukai dari aliexpress tersebut
  3. Lalu masukkan kode billing yang didapatkan dengan cara diatas sebelumnya
  4. Tekan cek tagihan / bayar
  5. Akan muncul informasi tagihan, jika sudah benar, tekan tombol bayar
  6. Pilih metode pembayaran dan tekan bayar
  7. Selesaikan pembayaran

Selain mudah dilakukan, pembayaran bea cukai melalui tokopedia juga bisa menggunakan diskon atau promo yang disediakan, sehingga bisa menghemat. (refrensi video)


Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara yang bisa anda coba untuk membayar bea cukai aliexpress dengan sangat mudah dan terbaru.

Dengan cara diatas, anda jadi lebih mudah untuk mengecek pajak beli hp di aliexpress jika biasanya anda membeli hp dari luar negeri.

Untuk opsi lebih mudah dalam membayar bea cukai tersebut, saya lebih merekomendasikan menggunakan tokopedia, selain mudah tersedia juga promo menarik.

Biasanya setelah pembayaran bea cukai tersebut selesai, maka barang yang anda beli dari aliexpress akan dikirim ke alamat anda.

Namun, ada juga beberapa kantor pos yang mengharuskan barang tersebut dijemput ke kantor pos yang sudah ditetapkan.

Posting Komentar untuk "Cara Bayar Bea Cukai Aliexpress Terbaru"

© RECEH.INFO