Cara mengatasi windows audio service is not enabled

akses cepat Tutup

    Audio menjadi salah satu hal yang paling penting di komputer atau laptop. Terutama buat yang punya hobi mendengarkan musik sambil bermain atau bekerja dengan laptop atau pc.

    Namun, dibeberapa pengguna ada masalah suara yang muncul, yaitu suara dari musik atau media lain tersebut tidak keluar dan muncul pesan windows audio service is not enabled.

    Biasanya masalah ini terjadi karena drive pada services.msc yang dalam keadaan stopped atau tidak berjalan. Maka dari itu anda harus mengaktifkan kembali dengan mengganti statusnya menjadi Running. Silahkan lakukan cara dibawah ini untuk mengatasinya.

    Cara mengatasi windows audio service is not enabled

    this computer cannot play audio because windows audio service is not enabled
    img by drivereasy.com

    masalah The audio Service is not running atau is not enabled akan menyebabkan pengguna tidak dapat mendengarkan suara dari media yang sedang di putar. Biasanya masalah seperti ini terletak pada bagian services.msc, yang dimana drive dari audio tersebut dalam keadaan stopeed atau tidak berjalan.

    Maka dari itu anda perlu membuat running driver audiotersebut dan jangan lupa untuk membuat Automatic pada bagian start upnya. Supayasesaat setelah di restart keadaanya tetap dalam running bukan disabled ataumanual.

    Untuk melakukan hal diatas terbilang cukup mudah. Pertama, anda perlu membuka services.msc terlebih dahulu. Caranya tekan tombol keyboard windows + r, lalu ketik services.msc dan enter atau tekan OK atau anda juga bisa menggunakan fitur pencarian pada windows dan ketik services.msc.

    Setelah services.msc terbuka, anda bisa mencari drive Windows Audio. Lalu pastikan pada bagian status tidak dalam keadaan stopped. Jika dalam keadaan stopped maka anda perlu membuatnya berjalan seperti biasa.

    Caranya klik kanan Windows Audio pada services.msc, lalu pilih start. Jangan lupa ganti status pada bagian starup type, caranya klik kanan pada windows audio dan pilih propertis. Lalu pada bagian start up type ganti menjadi automatic dan tekan apply dan OK.

    Terkahir, anda hanya perlu restart laptop atau pc tersebut untuk melihat perubahan. Jadi setiap pc atau laptop direstart, maka anda tidak akan menemukan masalah seperti windows audio service is not enabled atau icon volume ada tanda silangnya. Namun jika suatu saat terjadi lagi, maka anda perlu melakukan cek ulang seperti cara diatas.

    Kesimpulan

    Demikianlah cara mengatasi windows audio service is not enabled. Sekarang anda sudah bisa memutar audio yang anda inginkan dan mendengarkannya menggunakan speaker atau headshet.

    Selain itu anda juga sudah bisa mengatur volume dari suara tersebut dengan menekan tombol volume pada bagian bawah kanan taskbar.

    Belum ada Komentar untuk "Cara mengatasi windows audio service is not enabled"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel