Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mengatasi Windows Resume Loader Terbaru

Jika saat menghidupkan laptop atau pc dan mengeluarkan pesan windows resume loader, Biasanya hal tersebut terjadi karena saat laptop atau pc dalam keadaan sleep dan masuk ke mode hibernasi, namun tiba-tiba arus listrik mati dan menyebabkan perangkat tersebut mati total.

Jika dihidupkan kembali, maka akan terlihat layar hitam dan terdapat 2 opsi saja, yaitu Continue with system resume dan Delete restoration data and proceed to system boot menu.

Namun, jika sudah terjadi seperti itu anda tidak perlu khawatir. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa solusi atau cara mengatasi windows resume loader yang wajib anda coba.

Cara mengatasi windows resume loader

Jika pc atau laptop yang anda miliki saat dihidupkan mengalami masalah tersebut, maka anda perlu mengikuti opsi yang tertera pada layar pc atau laptop anda, biasanya ada 2 opsi yang bisa anda gunakan, yaitu : continue with system resume dan Delete restoration data. Dari kedua opsi tersebut, berikut penjelasan yang bisa saya berikan.

1. Pilih opsi pada layar windows resume loader

Untuk opsi pertama, anda bisa menekan pilihan continue with system resume. Jika filehibernasi sebelumnya masih berbentuk utuh dan masih bisa digunakan, maka sistemakan melanjutkan untuk mengisi.

Sedangkan untuk opsi ke-2 yaitu Delete restoration data…, maka sistem akan menghapus file hiberfil.sys dan sistem akan mencoba untuk melakukan boot up, namun file yang sebelumnya tersimpan dalam file hibernasi atau selama proses hibernasi berlangsung maka akan hilang atau terhapus permanen.

Jika anda memiliki masalah dalam memilih opsi tersebut dankeyboard eksternal atau USB keyboard tidak bisa digunakan, maka disarankanuntuk menggunakan keyboard ps/2.

2. Bongkar pasang Harddisk

Dari beberapa sumber yang kami dapat, beberapa penggunamenyarankan untuk mencopot harddisk yang terpasang pada komputer atau laptoptersebut. Selanjutnya coba pasang harddisk tersebut pada perangkat komputerlain.

Nantinya anda akan mendapatkan pesan the last attempt to resume the system from its previous location failed.Disini anda seharusnya sudah bisa menggunakan keyboard dan bisa memilih opsi yang tertera. Namun masalahnya saat pemilihan opsi dilakukan, akan terjadibluscreen.

Jika sudah terjadi seperti itu, sebaiknya anda mengembalikan lagi harddisk tersebut ke laptop tadi. Lalu menghidupkan laptop tersebut. Kemungkinan besar anda tidak akan mendapatkan pesan windows resume loader lagi. Namun ada 2opsi pilihan lainnya yang muncul, antara lain :

  1. repair windows startup
  2. start windows normaly

disini anda bisa pilih opsi yang anda gunakan, biasanya jika memilih opsi windows normally, maka secara otomatis pc atau laptop akan restart dan kembali memunculkan kedua opsi tersebut. Maka anda bisa memilih opsi repair windows startup dan nantinya akan ada proses perbaikan yang berjalan dan anda bisa kembali menggunakan laptop atau pc tersebut dalam keadaan baik.

Penutup

Demikianlah beberapa cara mengatasi windows resume loader yang bisa anda coba untuk memperbaikinya. Sebetulnya masalah ini tergatung dari vendor pc atau laptop yang digunakan. Bisa jadi solusi dari setiap laptop atau pc berbeda-beda.

Namun, setidaknya tidak ada salahnya mencoba solusi diatas yang memungkinkan untuk memperbaiki masalah windows resume loader tersebut.

Posting Komentar untuk "2 Cara Mengatasi Windows Resume Loader Terbaru"

© RECEH.INFO