Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gutenberg Editor : Cara menghapus sebuah block

Jika anda pengguna wordpress maka sudah tidak asing lagi dengna Gutenberg editor. Setelah update ke versi 5 Wordpress sudah menggunakan Gutenberg editor sebagai media anda untuk menulis artikel yang dulunya menggunakan classic editor. Gutenberg editor terkenal dengan sistem block.

Jadi untuk menambahkan sebuah element seperti paragraph, heading, quote dan lain-lain anda harus menambahkan sebuah blok terlebih dahulu. Nah untuk menambahkan sebuah block terbilang cukup mudah, karena hanya perlu menekan tombol tambah (+) yang ada pada editor.

Lalu bagaimana cara menghapus blocks di Gutenberg editor ? jika masih baru menggunakan Gutenberg editor pastinya anda akan kebingungan, berikut kami jelaskan tutorial singkat untuk menghapus blok pada Gutenberg editor.   

Menghapus blocks di Gutenberg editor

Sebelumnya pastikan anda sudah login ke wordpress, jika sudah maka sekarang pastikan anda sudah ada di Gutenberg editor. Jika sudah ada sebuah blocks pada Gutenberg editor, maka untuk menghapusnya ikuti tutorial berikut ini. 1. Jika sudah masuk ke Gutenberg editor, pilih dan klik block yang ingin dihapus 2. Lalu pada bagian kanan atas, klik icon titik tiga atau more 3.

Dan pilih remove block pada bagian bawah 4. Selesai Pada langkah 3 anda akan melihat keterangan disamping tulisan Remove Block, yaitu SHIFT + ALT + Z itu artinya adalah tombol keyboard yang bisa anda gunakan untuk menghapus blok dengan menggunakan kombinasi tombol pada keyboard. Jadi tekan saja tombol SHITF + ALT + Z pada keyboard jika ingin menghapus block di Gutenberg editor.

Setelah mengikuti cara diatas seharunya anda sudah bisa menghapus sebuah block di Gutenberg editor, namun anda mungkin bertanya, mengapa tidak ada icon titik tiga atau more pada Gutenberg editor seperti langkah ke-3 diatas ? itu dikarenakan block tersebut masih dalam keadaan kosong, coba isi dengan 1 huruf saja, maka option more akan muncul.   

Mudah bukan cara untuk menghapus block di Gutenberg editor ? cara ini cocok sekali untuk anda yang baru menggunakan Gutenberg editor. Jika ada yang kurang mengerti, silahkan tanyakan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Gutenberg Editor : Cara menghapus sebuah block"

© RECEH.INFO