Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Internet Konek Tapi Tidak Bisa Browsing

wifi tersambung tapi tidak ada internet

Penggunaan internet mungkin sudah tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari. Setiap hari kegiatan browsing atau menjelajah internet menggunakan browser pasti dilakukan yang tak lain yaitu untuk mencari informasi. Browsing sendiri bisa dilakukan dimana saja mulai dari di rumah, sekolah, kantor dan lainnya selain itu bisa juga dilakukan diberbagai device, mulai dari smartphone (HP) atau PC dan Laptop.

Dalam beberapa kasus ada beberapa masalah yang sering muncul saat kita sedang melakukan internet yang tersambung tapi tidak bisa browsing. Solusi seperti menganti browser dari google chrome ke mozila firefox dan lainnya, mematikan dan menghidupkan kembali wi-fi juga tidak menjadi solusi yang ampuh.

Namun biasanya jika dicoba di device lain seperti smartphone normal-normal saja. dari situ bisa diambil kesimpulan bahwa yang bermasalah bisa laptop atau komputer yang digunakan.

Biasanya untuk menyelesaikan masalah tersebut pada setiap komputer atau laptop dengan os windows ada fitur troubleshoot problems, dengan menggunakan fitur tersebut kita bisa tau dimana masalah yang terjadi dan biasanya akan muncul pesan The remote device or resource won’t accept the connection. Jika sudah seperti itu bagaimana cara memperbaiki internet yang tersambung tetapi tidak bisa browsing ?

penyebab internet konek tapi tidak bisa browsing

ada beberapa hal yang bisa menyebabkan tidak bisa browsing padahal sudah terkoneksi internet, seperti Penggunaan VPN, perubahan atau kesalahan yang terjadi pada Konfigurasi DNS, bug atau kesalahan pada penggunaan antivirus dan hal lainnya. biasanya status koneksi internet tersambung tetapi tidak bisa browsing tapi bisa ping, walaupun menggunakan browser lain mulai dari mozila firefox, google chrome dan lainnya tetap juga tidak bisa.

Solusi Koneksi internet tersambung tetapi tidak bisa browsing

Untuk mengetahui Solusi Memperbaiki masalah Koneksi internet yang tidak bisa browsing, anda bisa mengikuti beberapa tutorial dibawah ini.

1. Reset Pengaturan LAN di Internet Explorer

IE atau Internet Explorer adalah salah satu browser bawaan yang ada pada setiap os windows. Biasanya masalah seperti ini terjadi jika anda mengubah penggaturan bawaan pada Internet Explorer sehingga menyebabkan anda tidak bisa browsing dengan kondisi internet tersambung. Jadi lakukan reset pengaturan ke default.
  1. Buka Browser Internet Explorer atau IE
  2. Tekan icon gear atau pengaturan pada pojok kanan atas
  3. Pilih internet options
  4. Selanjutnya pilih pada tab Connections dan pilih menu LAN Settings
  5. Pada bagian Proxy Server, silahkan hilangkan centang atau uncheck pada bagian Use a Proxy server for your LAN . . . . .
  6. Terakhir tekan OK

2. Nonaktifkan Antivirus

Antivirus dari pihak ketiga yang biasa anda gunakan bisa saja menjadi penyebaba masalah ini, karena antivirus sendiri memiliki izin yang cukup kuat untuk melakukan banyak hal dalam komputer atau devie anda, bisa saja antivirus tersebut mengalami gangguan dan menyebabkan anda tidak bisa browsing walaupun terkoneksi dengan internet. Solusinya anda bisa menonaktifkan antivirus yang anda gunakan untuk sementara, selanjutnya coba untuk browsing kembali. Jika bisa browsing itu artinya masalah terjadi pada antivirus tersebut. Mungkin saja ini bug dari antivirus tersebut coba hubungi atau lapor kepada developer antivirus untuk segera memperbaiki dan menerima solusi dari masalah tersebut.

3. Mengatur Konfigurasi DNS

Hal seperti tidak bisa browsing walau terhubung dengan internet bisa saja disebabkan oleh konfigurasi DNS yang tidak benar atau sudah di otak-atik. Jadi solusinya pastikan konfigurasi DNS pada laptop atau pc anda benar. Ikuti cara dibawah ini untuk mengatur konfigurasi DNS.
  1. Pertama buka control panel. Gunakan fitur search untuk mencari control panel
  2. Pilih pada menu Network and Internet > Network and Sharing Center > Change adapter settings.
  3. Akan ada beberapa opsi koneksi yang anda gunakan, silahkan pilih LAN ( untuk pengguna wi-fi, klik kanan pada koneksi wi-fi) dan pilih Propertis
  4. Cari dan pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan pilih propertis
  5. Pada tab general silahkan pilih Obtain DNS server address automatically.
  6. Save dengan menekan tombol OK

4. lakukan Reset pada Winsock

Cara selanjutnya dengan melakukan Reset Winsock pada pc atau laptop anda. singkatnya Reset Winsock memiliki kaitan erat dengan konektivitas internet pada pc atau laptop. Untuk melakukan Reset Winsock anda bisa menggunakan CMD atau Command Prompt. Ikuti cara dibawah ini untuk Reset Winsock :
  1. Pertama klik menu start pada komputer anda
  2. Ketik CMD pada kolom pencarian, jika sudah ketemu klik kanan CMD dan pilih Run As Administrator
  3. Selanjutnya pada jendela CMD ketik perintah netsh int ip reset resetlog.txt dan tekan Enter
  4. Lalu ketik lagi perintah netsh winsock reset dan tekan enter
  5. Selesai
Setelah melakukan Reset Winsock sebaiknya restart pc atau laptop yang anda gunakan.

5. Hapus/Reset cache DNS

Cara terakhir bisa anda coba dengan melakukan Flush DNS, Flush DNS merupakan yang digunakan supaya sistem komputer atau pc dapat menyesuaikan perubahan data atau informasi yang terjadi seperti domain, namserver, DNS dan hal lainnya. Ikuti cara dibawah ini untuk melakukan Flush DNS
  1. Klik start dan pada kolom pencarian ketik CMD, klik kanan pada CMD dan klik Run As Administrator
  2. Ketik perintah ipconfig atau flushdns dan tekan enter pada jendela CMD
  3. Tunggu hingga proses selesai dan restar pc atau laptop anda

Kesimpulan

Jika terjadi masalah seperti wifi tersambung tapi tidak ada internet atau tidak bisa browsing biasanya masalah tersebut terjadi pada device yang anda gunakan mau itu laptop/komputer, lakukan cara diatas untuk memperbaiki masalah tersebut.

Beberapa cara diatas bisa anda lakukan di berbagai versi windows seperti windows 7/10. Biasanya masalah ini status internet konek tapi tidak bisa browsing terjadi pada pengguna laptop atau pc bukan hp atau smarpthone.

Silahkan dicoba cara Mengatasi Internet Konek Tapi Tidak Bisa Browsing diatas dan semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Cara Mengatasi Internet Konek Tapi Tidak Bisa Browsing"

© RECEH.INFO