Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Memperbaiki Layar HP Android Berkedip di semua merk smartphone

Layar pada HP merupakan salah satu komponen yang sangat sensitif. Karena di era digital ini hampir semua orang menggunakan hp dengan teknologi touch screen, maka jika terjadi kerusakan pada layar hp akan berakibat fatal. Selain kerusakan tersebut, ada beberapa kerusakan lainnya yang sering terjadi pada layar smartphone, salah satunya yaitu layar yang berkedip secara terus menerus. Tentunya hal ini sangat menganggu apalagi sebagian aktifitas dilakukan menggunakan smartphone Melalui pertanyaan Kenapa layar hp saya realme c2 kedap kedip ni?, saya mencari dari beberapa sumber untuk memperbaikinya, pada kesempata kali ini saya akan membahas cara mudah memperbaiki layar hp yang kedap-kedip.    

Layar HP Kedap-Kedip

Ada banyak sekali masalah yang menyebabkan layar hp anda kedap-kedip, biasanya masalah ini terjadi pada kerusakan software dari hp tersebut. berikut ini beberapa solusi yang bisa anda coba untuk memperbaikinya.  

1. Restart / Reboot HP

Layar yang berkedip biasanya terjadi karena banyak hal, salah satunya bisa saja terjadi karena adanya kerusakan atau bug pada software yang digunakan di smartphone tersebut. sistem yang tidak stabil bisa saja membuat kerusakan pada layar seperti berkedip-kedip. Maka dari itu coba lakukan restart atau reboot pada smartphone anda.  

2. Reset Pabrik

Reset pabrik atau Factory reset bisa menjadi salah satu solusi yang bisa anda coba. hal ini akan mengembalikan kondisi software yang mengalami bug atau kerusakan. biasanya sistem dan seisinya akan kembali seperti baru atau setelan pabrik, jika memang bekerja, bisa saja bug yang membuat layar berkedip tersebut hilang.  

3. Hentikan Pengunaan HP saat panas

Kebanyakan smartphone sekarang, jika sudah berada dikeadaan suhu yang panas, maka akan timbul beberapa masalah, seperti masalah baterai, lag bahkan sampai ke layar yang selalu berkedip. Biasanya masalah seperti ini sering sekali terjadi pada hp yang sudah tua atau masa pemakaian lebih dari 1 atau 2 tahu. Untuk solusinya sendiri, anda bisa berhenti menggunakan hp untuk sementara waktu, stop semua pengunaan aplikasi jika perlu paksa henti dan jika perlu juga matikan hp tersebut.  

4. Nonaktifkan Overlay HW pada Opsi pengembang

Setiap smartphone dengan sistem operasi android, memiliki fitur Opsi pengembang. Fitur ini memiliki menu atau fitur lainnya yang biasa digunakan untuk melakukan pengaturan lebih detail lagi terhadap smartphone. Bisa saja masalah layar berkedip tersebut terjadi karena aktifnya fitur Overlay HW yang ada pada opsi pengembang, maka dari itu anda harus menonaktifkan fitur Overlay HW. Untuk menonaktifkannya silahkan ikuti langkah berikut ini : Aktifkan Opsi Pengembang :
  1. Buka setelan atau pengaturan
  2. Pilih menu tentang ponsel
  3. Selanjutnya cari pilihan Nomor Bentukan, lakukan tap sebanyak 5x untuk mengaktifkan opsi pengembang
  4. Nantinya akan ada notifikasi bahwa Opsi pengembang telah aktif
Nonaktifkan Overlay HW pada Opsi pengembang :
  1. Buka setelan atau pengaturan
  2. Masuk ke opsi pengembang, jika tidak ditemukan cari di setelan tambahan
  3. Lalu centang pada pilihan Nonaktifkan Overlay HW
Hal ini untuk mengantisipasi bug flicker (Kedip) yang datang dari error hardware yang digunakan, nantinya layar hp akan menggunakan GPU untuk kepentingan menampilkan gambar.

5. Claim garansi

Hal yang wajib anda perhatikan saat pertama sekali membeli sebuah smartphone adalah garansi. Garansi ini akan membantu anda untuk memperbaiki segala kerusakan yang berasal dari hp tersebut, seperti kerusakan software.

Jika kasusnya terjadi seperti layar yang berkedip, bisa dipastikan bahwa hal tersebut terjadi karena adanya error atau kerusakan yang terjadi pada software atau dalaman hp tersebut. Maka untuk memperbaiki layar smartphone yang berkedip bisa anda bawa ke service center. Pastikan bahwa masa garansi-nya masih berlaku.

Namun jika masa berlaku dari garansi tersebut sudah lewat atau habis, maka anda masih bisa membawanya ke service center dan akan dikenakan biayar sekitar Rp 200.000 keatas.   Beberapa cara diatas bisa anda coba untuk mengatasi layar hp berkedip-kedip pada semua tipe smartphone android.

kerusakan seperti ini biasanya terjadi karena faktor dari dalam hp tersebut, seperti kerusakan software dan lainnya. Namun jika cara ditas tidak berhasil, anda bisa mencoba membawanya langsung ke Service Center terdekat, lalu claim garansi seperti pada langkah terakhir atau bayar sejumlah biaya untuk perbaikan layar tersebut.

Posting Komentar untuk "5 Cara Memperbaiki Layar HP Android Berkedip di semua merk smartphone"

© RECEH.INFO