Pengertian Model Prototyping : Arti , Kelebihan dan kelemahan

Pengertian Model Prototyping : Arti , Kelebihan dan kelemahan
Pengertian Model Prototyping : Arti , Kelebihan dan kelemahan
Pengertian Model Prototipe / Prototype : Arti , Kelebihan dan kelemahan - Salah satu metode atau model pengembangan perangkat lunak adalah Mode Prototipe , model ini memiliki ciri khas pengembang sistem , klien , dan pengguna dapat melihat dan melakukan sebuah eksperimen dari sejak awal dimulainya proses pengembangan sebuah perangkat lunak . dalam model ini sistem akan dikembangkan lebih cepat dari metode sederhana lainya dan selain itu juga menghemat biaya untuk proses pengembangannya .

Apa Pengertian Model Prototyping / Prototype / Prototipe ?

Model Prototype adalah salah satu metode pengembangan perangkat lunak yang secara langsung mendemostrasikan bagaimana sebuah pernagkat lunak berkerja dalam lingkungan sebelum dilakukan atau dilanjutkan ke tahap konstruksi aktual , model ini didasarkan pada konsep model bekerja (working model) dengan tujuan mengembangkan suatu mode menjadi tahap atau sistemp final .

dalam model ini konsumen berkesempatan atau potensial menggunakan prototipe dan menyediakan masukkan atau feedback untuk team pengembang sebelum masuk ke tahap yang lebih besar dan jauh , dengan menggunakan tahap ini antara pengembang dan juga user dapat sama - sama mengklarifikasi kebutuhan dan interpretasi mereka .

Kelebihan / Keuntungan Model Model Prototipe / Prototype

  • Menghemat Waktu dalam pengembangan sebuah sistem.
  • penunteuan kebutuhan dalam pengembangan sangat mudah diwujudkan.
  • pelanggan / klien dapat berpartisipasi aktif dalam pengembangan sistem , sehingga saat pengembangan nanti hasil-nya bisa disesuaikan berdasarkan kemauan pelanggan dan pengembang .
  • karena adanya komunikasi yang baik , pengembang dapat lebih mudah menentukan apa yang menjadi kebutuhan pelanggan .
  • Setiap dilakukannya perbaikan para model ini merupakan hasil masukkan atau feedback dari pelanggan / user yang menggunakan siste tersebut sehingga lebih reliabel .
  • penghematan biaya , termasuk dalam proses analisa karena hanya mencatat point-point yang penting dan akan digunakan saja .
  • Punya kemampuan menangkap requirement secara konkret daripada secara abstrak.

Kekurangan / Kerugian Model Model Prototipe / Prototype

  • akibat dari penghematan waktu , biasanya pengembang hanya menggunakan salah satu bahasa sederhana yang kemungkinan sangat rentan dari segi keamanan.
  • kurang atau tidak cocok untuk digunakan dalam proses pengembangan siste skala besar atau global seperti halnya sistem operasi.
  • proses perancangan dan analisannya terlalu singkat
  • kurang fleksibel dalam menghadapi sebuah perubahan di masa mendatang.
  • terkadang hubungan pelanggan dengan komputer dan pengembang tidak mencerminkan teknik perancangan yang baik apalagi memiliki sudut pandang yang berbeda .

jadi berikutlah pembahasan tentang pengertian Model Prototipe , kelebihan Model Prototipe dan juga kekurangan Model Prototipe , semoga bermanfaat .
Berikan Komentar
Hide comments

0 Response to "Pengertian Model Prototyping : Arti , Kelebihan dan kelemahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel